Eksperimentasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Garis dan Sudut

Authors

  • Fera Sumodiharjo Jurusan Matematika, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Jorry F. Monoarfa Jurusan Matematika, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • James U.L. Mangobi Jurusan Matematika, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.735

Keywords:

Garis dan Sudut, Konvensional, Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih meningkat ketika menggunakan model pembelajaran matematika realistik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional. Studi ini dilaksanakan pada Semester genap 2021/2022 di SMP Negeri 3 Tondano. Siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dijadikan sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini, tes digunakan untuk pengumpulan data, dan uji-t pada rata-rata dua kelompok dilakukan untuk analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,96, dengan standar deviasi 13,98 dan varians 195,51. Sebaliknya, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,07, dengan standar deviasi 12,27 dan varians 150,66.  = 2.24  dan = l.67 merupakan kesimpulan dari pengujian hipotesis. Hasil menolak , menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika realistik rata-rata lebih baik dalam menyelesaikan masalah matematika daripada siswa yang menggunakan model tradisional pada materi garis dan sudut.

References

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Hidayat, Eneng Indriyani Fitri, Indhira Asih Vivi Yandhari, and Trian Pamungkas Alamsyah. “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 1 (2020): 106

Istikhomah, N. (2018). Peningkatan kemampuan berhitung operasi perkalian dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di kelas II MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Parijah, Muji, and Subekti Priyo Husodo. (2012). Penggunaan Model Rme Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Siswa Kelas V Sd.” Kalam Cendekia Pgsd Kebumen 1, no. 3 : 1–8.

Soedjadi. (2001). "Pembelajaran Matematika Berjiwa RME". Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta

Sulistyaningsih, M., Kaunang, D. F., & Mangelep, N. O. (2018). PKM Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Alat Peraga Berbasis Pendekatan Matematika Realistik. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 125-133.

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIKA BIDANG. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Syahbana, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02).

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Fera Sumodiharjo, Jorry F. Monoarfa, & James U.L. Mangobi. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Garis dan Sudut. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.735

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.