Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Tombulilato
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrikes.v2i1.972Keywords:
Kualitas Pelayanan, Keperawatan, KepuasanAbstract
Kepuasan pasien merupakan keadaan dimana pasien mendapat pelayanan, perhatian dan kesehatan sebagaimana yang mereka harapkan. Semakin baik pelayanan yang diberikan maka tingkat kepuasan pasien semaki tinggi dan sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan perawat dalam memberikan pelayanan dengan segera, tepat dan memuaskan, daya tanggap, jaminan pelayanan, dan fasilitas yang memadai di RSUD Tombulilato. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan secara cross sectional study. Dalam penelitian ini populasi adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Tombulilato pada saat dilakukan penelitian. Hasil lima indikator kualitas pelayanan yang diteliti yaitu reliabilitas (41 responden reliabel dan 4 responden yang non reliabel), daya tanggap (tanggap 37 responden dan kurang tanggap 8 responden), jaminan (baik 33 respoden dan kurang baik 12 responden), empati (30 responden empati dan 15 responden kurang empati) dan bukti fisik (baik 38 responden dan kurang baik 7 responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan keperawatan ditinjau dari indikator reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berhubungan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Tombulilato, sehingga sangat perlu diperhatikan dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan.
References
Adisasmito Wiku. 2013. Sistem Kesehatan. Jakarta. Rajawali Pers
Alamsyah D. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogjakarta. Nuha Medika
Brockopp DY., Tolsma MT. 2021. Dasar-Dasar Riset Keperawatan. Jakarta. EGC
Effendi Usman. 2012. Asas Manajemen. Jakarta. Rajawali Pers
Ferrel P. 2015. Pemasaran Teori dan Praktek Sehari-Hari. Jakarta. Binarupa Aksara
Griffin Jill. 2013. Customer Loyality. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta. Gelora Aksara Pratama
Ibrahim Darwis. 2014. Smart Selling Pendekatan Baru untuk Meningkatkan Penjualan. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo
Kinnear C.T., Taylor J.R. 2017. Riset Pemasaran. Jakarta. Gelora Aksara Pratama
Kotler P., Ang Swee H., Leong SM., Tan CT. 2020. Manajemen Pemsaran. Yogyakarta. Andi
Mubarak W.B. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta. Salemba Medika
Muhandri T., Kadarisman D. 2016. Sistem Jaminan Mutu Indsustri Pangan. Bogor. IPB Press
Pohan Imbalo. 2016. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta. EGC