Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Orang Tua Terhadap Penyakit Bronkopneumonia Pada Anak Di Rsud Tani Dan Nelayan Boalemo

Authors

  • Andi Akifa Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Dewi Modjo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fanie Isradianty Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrikes.v2i1.969

Keywords:

Anak, Orang Tua, Pengetahuan, Perilaku, Bronkopneumonia

Abstract

Penyakit bronkopneumonia pada anak terus meningkat setiap tahun, peningkatan kasus penyakit ini terjadi disebabkan oleh faktor orang tua baik pengetahuan dan perilaku orang tua, pengetahuan dan perilaku orang tua yang kurang cenderung mengakibatkan anak berulang kali mengalami bronkopneumonia. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengetahuan dan perilaku orang tua terhadap penyakit bronkopneumonia pada anak di RSUD Tani dan Nelayan Boalemo. Desain penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi anak yang mengalami brokopeumonia sejumlah 102 orang. Sampel berjumlah 30 orang dengan teknik accidental sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan chi-square. Hasil yang diperoleh ada hubungan pengetahuan (p-value 0.011) dan perilaku (p-value 0.010) orang tua terhadap penyakit bronkopneumonia pada anak di RSUD Tani dan Nelayan Boalemo. Disimpulkan penyakit bronkopneumonia dapat disebabkan oleh pengetahuan dan perilaku orang tua pada anak di RSUD Tani dan Nelayan Boalemo.

 

References

Udin, M. F. (2019). Penyakit Respirasi Pada Anak. UB Press.

Purba, D. H., Kartika, L., Supinganto, A., Hasnidar, Wahyuni, Sitanggang, Y. F., Purba, A. V., Apelaby, M. M. Y., Siregar, D., Sitorus, F. B. M., Manurung, E. I., Pakpahan, M., & Hutapea, A. D. (2020). Ilmu Kesehatan Anak. Yayasan Kita Menulis.

UNICEF. (2020). Fakta Tentang Pneumonia Pada Anak & Lembaga Kesehatan dan Anak Memperingatkan Satu Anak Meninggal Akibat Pnuemonia. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/lembaga-kesehatan-dan-anak-memeringatkan-satu-anak-meninggal-akibat-pneumonia-setia

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Kementerian Kesehatan RI.

Zairinayati. (2021). Lingkungan Fisik Rumah dan Penyakit Pneumonia. Pascal Books.

Mudlikah, S., & Putri, L. A. (2019). Asuhan Kebidanan Kegawatdaruratan Pada Anak. Guepedia.

Nasution, S. A. (2017). Hubungan Pengetahuan Sikap Orangtua dan Peran Perawat dengan Upaya Pencegahan Ulang Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Putri Ayu Tahun 2017. Scientia Journal, 6(02), 107–117.

Sartika, Y., Jawiah, Yanti, Hindratni, F., Sukardin, Israfil, Sari, S. I. P., Susilawati, E., Laliyana, Oktaria, R., Suek, O. D., Dewi, R. S., & Yolanda, H. (2022). Kesehatan Ibu, Anak dan Keluarga Berencana. Media Sains Indonesia.

Murabagja, K., & Ernawati. (2020). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Orang Tua Tentang Faktor Risiko Terjadinya Pneumonia Pada Balita (0-5 Tahun) Di RSUD Ciawi. Tarumanagara Medical Journal, 2(1), 104–109.

Haruna, S. R., Ponseng, N. A., Rahmadani, S., Rosnania, Afrida, & Bubun, J. (2021). Kepatuhan Masyarakat dalam Penggunaan Masker Sebagai Salah Satu Pencegahan Covid-19. Uwais Inspirasi Indonesia.

Casman, Dewi, N. A., Pradana, A. A., Chandra, M., Rizzal, A. F., Fahmi, I., & Nuraini. (2022). Refleksi Jurnal: Formula Menguak Mitos Kesehatan. PT Indonesia Emas Group.

Azis, & Jufri. (2015). Implementasi dalam Bidang Epidemiologi Kesehatan. Adiprima Pustaka Publishing.

Siringo, S. A. (2019). Hubungan Karakteristik Balita dengan Bronkopneumonia Terhadap Kekambuhan Bronkopneumonia Di Ruang Anak Rumah Sakit Royal Progress Jakarta Utara. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Binawan Jakarta.

Nofitasari, E., Maryoto, M., Arni, R. N., & Purnanto, T. N. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan dengan perilaku pencegahan pneumonia pada balita. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 1(4), 1–10.

Putri, S. A. R. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pneumonia dengan Perilaku Pencegahan Pneumonia Pada Balita Di Desa Ngawen Muntilan Magelang. Naskah Publikasi.

Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Mustar, T., Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Tompunu, M. R. G., Sitanggang, Y. F., & Maisyarah. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Luma, E. L., Tat, F., & Dion, Y. (2021). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit Pneumonia dengan Perilaku Pencegahan Pneumonia Pada Anak Di Puskesmas Bakunase Kota Kupang. Ehm-K Apllied Scientific Journal, 4(1), 18–28

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Andi Akifa Sudirman, Dewi Modjo, & Fanie Isradianty. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Orang Tua Terhadap Penyakit Bronkopneumonia Pada Anak Di Rsud Tani Dan Nelayan Boalemo. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KESEHATAN, 2(1), 125–138. https://doi.org/10.55606/jurrikes.v2i1.969