Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Virus PMK Pada Ternak Di Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember

Authors

  • Reski Dwi Okti Universitas Jember
  • Megawati Megawati Universitas Jember
  • Lucky Alfianto Universitas Jember
  • Mohammad Ilman Affandi Inaifas Kencong
  • Namira Maulidya Angelin Inaifas Kencong
  • Yeshua Renaldi Doma Rhemahita Universitas Jember
  • Raffio Rasta Darmawan Universitas Jember
  • Fatimatul Magfiroh Inaifas Kencong
  • Dian Iga Mawarni Universitas Jember
  • Ayu Eka Setia Ningrum Universitas Jember
  • Pandu Satriya Hutama Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrih.v2i1.873

Keywords:

Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Ternak Sapi, Puger, Jember, Mojosari

Abstract

Mojosari merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Puger dan sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Potensi yang berada di Desa Mojosari berupa Sektor Pertanian, yang sebagian besar menanam tanaman semangka. Selain itu masyarakat Mojosari juga sebagian besar memiliki ternak sapi. Permasalahan yang terjadi pada Desa Mojosari saat ini yaitu mengenai wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dimana virus ini menyerang hewan ternak seperti Sapi, Kambing dan Kerbau milik warga yang memungkinkan untuk terjangkit virus dan menyebabkan kematian pada hewan ternak. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK pada hewan ternak di Desa Mojosari. Pelaksanaan kegiatan melalui KKN-Kolaboratif ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi pada masyarakat mengenai pencegahan dan penanganan virus PMK pada hewan ternak di Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Hasil pengabdian yang dilakukan berupa masyarakat mampu memahami dan menerapkan langkah atau cara mencegah dan menangani persebaran virus PMK pada hewan ternak yang dipelihara.

References

Gelolodo, M. A. 2017. Peranan Pendekatan Molekular dalam Program Eradikasi Penyakit Mulut dan Kuku. Jurnal Kajian Veteriner, 5(2): 21-42.

Surtina, D., R. M. Sari., dan Harissatria. 2022. Peningkatan Produktivitas Ternak Potong Melalui Penyediaan Pakan Fermentasi Dan Pencegahan Pengendalian Penyakit Mulut Dan Kuku Di Kelompok Tani Sapakek Basamo Kota Solol. Communnity Development Journal, 3(2): 1168-1173.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Reski Dwi Okti, Megawati, M., Alfianto, L., Affandi, M. I. ., Angelin, N. M., Rhemahita, Y. R. D. ., … Hutama, P. . S. . (2023). Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Virus PMK Pada Ternak Di Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. JURNAL RISET RUMPUN ILMU HEWANI, 2(1), 01–08. https://doi.org/10.55606/jurrih.v2i1.873

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.