Kemampuan Membaca Al Qur’an (SURAT AL BAQARAH AYAT 61, 213 DAN 255, SERTA SURAT ANNISA AYAT 77) Melalui MetodeReading Aloud Materi MadZilah, Mad Badal, MadTamqin Dan Mad Farqi Pada Siswa Kelas VIII

Authors

  • Nursam Nursam MTs. Politani Maccirinnae Jengeng Kecamatan Tikke Raya Kab. Pasangkayu

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1015

Keywords:

Kemampuan Membaca AlQur”an, Metode Reading Aloud,

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an Hadits Materi Mad Zila, Mad Badal, Mad Tamkin dan Mad Farqi di kelas VIII MTs. Politani Maccirinnae Jengeng menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik. Hasil ulangan harian rata-rata nilainya di bawah standar ketuntasan, dimana dari 23 peserta didik yang nilainya diatas KKM 70 hanya sekitar 30%. Oleh karena itu guru al-Qur’an Hadits harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam penerapan metode reading aloud pada pembelajaran al-Qur’an siswa kelas VIII MTs. Politani Maccirinnae Jengeng, serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs. Politani Maccirinnae Jengeng setelah menggunakan metode reading aloud. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik ”, dengan nilai 80,35 dan pada siklus II meningkat menjadi ”baik sekali” dengan nilai rata-rata 94,64. Adapun kualifikasi aktivitas siswa pada siklus I masih kurang baik atau belum maksimal , karena baru mencapai 69,56. Sedangkan pada siklus II, aktivitas siswa sudah ada peningkatan menjadi baik dengan nilai rata-rata 84,23. (2) Penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 66,30 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,43. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode reading aload dalam pembelajaran al Quran Hadits materi Madzilah, Mad Badal, Mad Tamkin dan Mad Farqi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an dan antusiasme siswa dalam belajar.

References

Abdul Halim Mahmud, 2000, Tadarus Kehidupan di Bulan Al-Quran,Yogyakarta: Mandiri Pustaka Hikmah.

Abdullah Asy’ari, Pelajaran Tajwid untuk Madrasah Tsanawiyah.Surabaya: Apollo.

Acep Hermawan, 2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Ahsin W. Al-Hafizh, 2005, Bimbingan Praktis menghafal Al-Qur’an,Jakarta: BumiAksara

Anas Sudjono, 2006,Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

As’ad Humam dkk, 2001, Pembinaan dan Pengembangan TKA, TPA,Yogyakarta: Balai Libang LPTQ.

Fuad Muhammad Fachruddin, 1991, Filsafat dan Hikmat Syariat Islam,(akarta: Bulan Bintang

Hasan Alwi, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: BalaiPustaka.

Ismail SM, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM(Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan),dan Perkembangannya, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar, 2011,Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas SebagaiPengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pres

Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja RosdaKarya.

PeraturanMenteri Agama Republik Indonesia Tahun 2013, TentangStandar Kompetensi Lulusan da nStandar Isi Pendidikan AgamaIslam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Quraish Shihab, 2004, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi Dan PeranWahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: PT MizanPustaka.

Rosma Hartiny Sam’s, 2010, Model Penelitian Tindakan Kelas,Yogyakarta: Teras, Cet. 1.

Said Abdul Adhim, 2009, Nikmatnya Membaca Al Quran Solo: SPI.Shofia Tidjani, Membuat Anak Kian Cinta Buku,

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Nursam Nursam. (2023). Kemampuan Membaca Al Qur’an (SURAT AL BAQARAH AYAT 61, 213 DAN 255, SERTA SURAT ANNISA AYAT 77) Melalui MetodeReading Aloud Materi MadZilah, Mad Badal, MadTamqin Dan Mad Farqi Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(1), 82–91. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1015

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.