HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN DALAM MENANGANI PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI PUSKESMAS PLUS SAPE KABUPATEN BIMA

Authors

  • Nini Niatullah Aliyati Akbid Surya Mandiri Bima
  • Mujiburrahman Mujiburrahman Akbid Harapan Bunda Bima

DOI:

https://doi.org/10.55606/innovation.v1i1.855

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Penyakit, Demam Berdarah Dengue.

Abstract

Pasien yang berkunjung pada tahun 2020 sebanyak 134 pasien. Dan data pasien kasus DBD yang berkunjung pada tahun 2021 yaitu sebanyak 120 pasien, sedangkan yang berkunjung pada tahun 2022 yaitu pada bulan januari-mei sebanyak 32 pasien. Pelayanan yang berkualitas pun penting untuk mendapat perhatian mengalami penurunan dengan jumlah kasus DBD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan penyakit demam berdarah di puskesmas plus sape. Kemudian metoede penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien Demam berdarah di Puskesmas Plus Sape Kabupaten Bima pada bulan Januari-Mei Tahun 2022 dengan jumlah pasien 72 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien demam berdarah di Puskesmas Plus Sape Kabupaten Bima pada Bulan Januari-Mei tahun 2022 jumlah pasien sebanyak 32 Dengan menggunakan teknik Total Sampling. Adapun hasil penelitian yaitu Hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan petugas kesehatan dengan kehandalan dalam menangani penyakit demam berdarah dengue di Puskesmas Plus Sape Kabupaten Bima Tahun 2022.

 

References

Alim, Andi, Novagita Tangdilambi And Adam Badwi (2019). “Hubungan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Makassar”. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs Dr.Soetomo 5.2: 165-18.

Adhytyo, D. R. (2013). Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di salah satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Gaster, 10(2), 22-32.

Alamsyah, M. N. (2011). Memahami perkembangan desa di indonesia. Academica, 3(2).

Aryu candra, (2010). Demam Berdarah Dengue: Epidemologi pathogenesisi, Dan factor Resiko

Candra, A. (2010). Demam Berdarah Dengue: Epidemiologi, Patogenesis, dan Faktor Risiko Penularan. ASPIRATOR-Journal of Vector-borne Disease Studies, 2(2).

Dedi alamsyah, (2011). Manajemen pelayanan kesehatan, nuha medika Yogyakarta

Defrian risky adhytyo dkk. (2013). Reabilitas mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas Kabupaten Ngawi

Desniawati, F. (2014). Pelaksanaan 3M plus terhadap keberadaan larva Aedes aegypti di wilayah kerja Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan bulan Mei-Juni tahun 2014.

Fadilla, Z., Hadi, U. K., & Setiyaningsih, S. (2015). Bioekologi vektor demam berdarah dengue (DBD) serta deteksi virus dengue pada Aedes aegypti (Linnaeus) dan Ae. albopictus (Skuse)(Diptera: Culicidae) di kelurahan endemik DBD Bantarjati, Kota Bogor. Jurnal Entomologi Indonesia, 12(1), 31-31.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Nini Niatullah Aliyati, & Mujiburrahman Mujiburrahman. (2023). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN DALAM MENANGANI PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI PUSKESMAS PLUS SAPE KABUPATEN BIMA. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(1), 126–133. https://doi.org/10.55606/innovation.v1i1.855