Pengaruh Orang Tua, Guru, dan Lingkungan Terhadap Tuna Daksa dalam Spiritual Quotient

Authors

  • Atun Lestari Universitas Ahmad Dahlan
  • Rahma Sabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Difa'ul Husna Universitas Ahmad Dahlan
  • Yuhan Anendi
  • Aries Anang Anshori Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.55606/innovation.v1i1.775

Abstract

Penelitian kami buat dengan kesesuaian tema yang disarankan pembimbing dosen kami yaitu peristiwa dimana anak tunadaksa bisa berkembang dengan baik dengan dukungan orang tuan dan guru disekolahnya. Dengan tujuan para orang tua dan guru bisa sadar bahwasanya anak adalah titipan tuhan yang akan dipertanggung jawabkan di akhirat. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif metode diskriptif yakni suatu metode yang meneliti sekelompok manusia atau objek, suatu kondisi, atau gejala mengenai populasi atau daerah tertentu dengan mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan. Hasil yang di temukan tidak semua anak tunadaksa memiliki pikiran yang divabel juga tetapi berkat orang tua dan guru bisa berfikir seperti orang normal. Kesimpulannya adalah anak tunadaksa bisa menjalankan hidupnya dalam sehari-hari dengan kemampuan yang ada dan tingkat kecerdasanya normal seperti anak-anak umumnya.

References

Azis, R. (2019). Dr. Hj. A. Rosmiaty Azis, M.Pd.I.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 114–130. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1386

Khairunisa Rani, Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636

Pangestu, A. A., Putri, H. K., Syarief, N. S., Filkhaqq, T., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(2), 275–284.

Pratiwi, I., & Hartosujono, H. (2017). Resiliensi Pada Penyandang Tuna Daksa Non Bawaan. Jurnal Spirits, 5(1), 48. https://doi.org/10.30738/spirits.v5i1.1057

Ratrie Desningrum, D. (2017). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.

Ruzaipah, Munir, M., & Aljauhari, A. M. (2020). Strategi Pembelajaran Shalat oleh Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Anak Tunadaksa di SDLB Negeri Pangkalpinang Guru memegang peranan penting dalam menyampaikan konsep , teori , dan fakta membantu dirinya . Upaya itu dilakukan melalui tugas mulia karen. Journal of Islamic Education Research, 1(02).

Syah, R. F. (2019). Peran Guru PAI dalam Pendidikan Karakter Religius Anak Tunadaksa di SLB D-D1 Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jakarta. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Therik, N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Layanan Pendidikan Anak Tunadaksa Di Slb D Ypac Bandung. Jassi Anakku, 20(2), 44–52.

Wulandini, Y. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PENYANDANG TUNA DAKSA DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 201. Nature Methods, 7(6), 2016.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Atun Lestari, Rahma Sabila, Difa’ul Husna, Yuhan Anendi, & Aries Anang Anshori. (2023). Pengaruh Orang Tua, Guru, dan Lingkungan Terhadap Tuna Daksa dalam Spiritual Quotient. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(1), 64–75. https://doi.org/10.55606/innovation.v1i1.775